Product Category
PENGERTIAN DAN CONTOH TOP OF MIND AWARENESS

Pernah nggak, sewaktu ke warung mau beli air mineral bilangnya beli aqua?

Mau beli pasta gigi bilangnya beli odol, mau beli jajanan wafer roll bilangnya beli astor, mau beli biskuit marie bilangnya beli regal, dan masih banyak yang lainnya.

Padahal aqua, odol, astor ini bukan produk melainkan merek dari brand loh.

Misalnya saja sebutan aqua saat memesan air mineral walaupun masih banyak merek air mineral lain tapi tetap yang disebutkan merek aqua tersebut.

Selanjutnya odol untuk pasta gigi, padahal odol ini adalah merek pasta gigi jaman dahulu. Hingga saat ini saat ingin membeli pasta gigi selalu bilangnya odol terlepas dari apa pun merek yang ingin dibeli. Jadi seakan-akan odol ini menggantikan sebutan produk pasta gigi.

Contoh-contoh tersebut merupakan gambaran bahwa sebuah merek telah menjadi Top Brand Awareness.

Emangnya apa sih Top of mind Awareness itu?

Top of mind awareness secara umum merupakan posisi paling tinggi sebuah brand awareness

Brand awareness memiliki beberapa tingkatan yang menunjukkan perbedaan tingkat kesadaran masing-masing orang yang berbeda. Tingkatan brand awareness tersebut adalah:

1. Unaware of Brand (Tidak Mengenali Merek)

Merupakan tingkat brand awareness yang paling rendah yaitu saat konsumen tidak mengetahui atau menyadari tentang merek atau brand.

2. Brand Recognition (Pengenalan Merek)

Brand recognition adalah saat merek atau brand dikenalkan sehingga konsumen mulai mengetahui dan mengenali brand saat mereka melihat brand tersebut

3. Brand Recall (Pengingatan Kembali Merek)

Brand recall merupakan kondisi saat konsumen mengingat sebuah merek atau brand dari memori mereka berdasarkan kategori produk

4. Top of Mind (Puncak Pikiran)

Top of mind awareness adalah kondisi saat sebuah brand yang pertama kali muncul dalam benak seseorang dalam sebuah kategori produk atau jasa. Jadi merek atau brand tidak harus sampai menjadi pengganti kata dari produk tertentu.

Semisal ada beberapa orang yang ditanyai tentang mi instan yang disuka kemudian mereka menjawab dengan menyebutkan merek A, B, C maka ketiga merek ini sudah menjadi top of mind awareness.

Jadi seperti itu penjelasan mengenai top of mind awareness sebuah merek dan brand. Semoga menambah wawasan kalian yaa!


 

OFFICIAL WEBSITE :

-https://dadikwahyuchang.id/

-http://uterogroup.com/ 

-https://uteroindonesia.com/

ALL INFORMATION 

RUMAH OXYZ

-https://google.co.id/maps

PORTOFOLIO DESAIN

-utero.design

 

Posted at October 21th, 2021 - 01:57:39
5 latest news
» Utero salah satu advertising terbesar di jawa timur » Pengunjung www.uterogroup.com mencapai (4.667.993) empat juta orang » 18 Strategi Promosi Cerdas » Founder utero advertising, motivator slanker » Omzet akhir tahun mencuat ... See All News »
Informasi Web Uterogroup.com 1. home : adalah halaman dasar perusahaan kami 2. news : berita up to date yg sedang kami kerjakan 3. produk : untuk mengetahui har ...
Besok Bos Pembicara Seminar seminar dan kuliah tamu di widyagama jam 9 pagi tgl 9 januari 2010 di kampus widya gama malang ...